Ilmu Budaya Dasar

A.Manusia dan Kebudayaan

Manusia

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang berbeda dari makhluk lainnya karena manusia memiliki akal.
Manusia tergolong dalam makhluk sosial dimana membutuhkan manusia lainnya untuk bisa menyambung hidupnya.


  • Berikut adalah unsur-unsur manusia :
  •  
  1. Jasad yaitu badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, dapat diraba, dan difoto, dan menempati ruang dan waktu.
  2. Hayat yaitu mengandung unsur hidup, yang ditandai dengan gerak
  3. Ruh yaitu bimbingan dan pimpinan Tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
  4. Nafs dalam pengertian diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentang diri sendiri

  • Manusia sebagai satu kepribadian yang mengandung 3 unsur yaitu :

  1. Id yang merupakan struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak nampak. Id merupakan libido murni, atau energi psikis yang menunjukkan ciri alami yang irrasional dan terkait masalah sex, yang secara instingtual menentukan proses-proses ketidaksadaran. Id tidak berhubungan dengan lingkungan luar diri, tetapi terkait dengan struktur lain kepribadian yang pada gilirannya menjadi mediator antara insting Id dengan dunia luar.
  2. Ego Merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, seringkali disebut sebagai kepribadian “eksekutif” karena peranannya dalam menghubungkan energi Id ke dalam saluran sosial yang dapat dimengerti oleh orang lain.
  3. Superego. Merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kira-kira pada usia lima tahun. Dibandingkan dengan Id dan ego, yang berkembang secara internal dalam diri individu, superego terbentuk dari lingkungan eksternal. Jadi superego menunjukkan pola aturan yang dalam derajat tertentu menghasilkan control diri melalui sistem imbalan dan hukuman yang terinternalisasi.
  • Hakekat Manusia : 
    
  1. Mahluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
  2. Mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan denan mahluk lainnya mahluk biokultural yaitu mahluk hayati yang budayawi.
  3. Mahluk Ciptaan Tuhan yang terkait dengan lingkungan, mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya. 


Kebudayaan

Kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kebudayaan sendiri sudah menjadi kehidupan sehari-hari bagi manusia terutama di Indonesia yang memiliki banyak suku dan kebudayaan. Para ahli juga mengemukakan unsur-unsur kebudayaan yaitu :

  1. Unsur religi
  2. Sistem kemasyarakatan
  3. Sistem peralatan
  4. Sistem mata pencaharian hidup
  5. Sistem bahasa
  6. Sistem pengetahuan
  7. Seni
Dari situlah maka kebudayaan memiliki 3 wujud antara lain :

  1. Wujud sebagai suatu kompleks dari ide, gagasan, norma, peraturan dan sejenisnya. Ini merupakan wujud ideal kebudayaan. Sifatnya abstrak, lokasinya ada dalam pikiran masyarakat dimana kebudayaan itu hidup
  2. Kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat
  3. Kebudayaan sebagai benda hasil karya manusia


B.Manusia dan Cinta Kasih 


Cinta Kasih

Cinta adalah suatu perasaan suka atau sayang yang datang dari dalam hati, sedangkan Kasih adalah perasaan suka dan sayang yang diikuti dengan perasaan belas kasihan. Sehingga Cinta Kasih adalah perasaan cinta yang lebih dalam dan diikuti dengan rasa belas kasihan yang datang tulus dari dalam hati. Dalam semua agama juga diajarkan untuk mempunyai rasa cinta kasih terhadap Tuhan maupun terhadap sesamanya.
Cinta sendiri memiliki 3 unsur yaitu :
  1. Keterikatan
  2. Keintiman
  3. Kemesraan
Kasih Sayang  
  
Kasih Sayang adalah perasaan rasa sayang yang sangat dalam disertai dengan perasaan kasih. Dalam kehidupan sehari-hari kasih sayang memang sangat dibutuhkan terutama untuk menjaga ketentraman sosial.

Kemesraan  
 
Kemesraan atau mesra adalah keharmonisan perasaan dalam saling menyayangi satu sama lain. Kemesraan dapat terjadi bila satu sama lain memiliki perasaan saling menyayangi yang tulus dari dalam hati.

Pemujaan 

Pemujaan adalah salah satu bentuk cinta manusia tehadap Tuhan atau bisa juga rasa cinta dan sayang terhadap sesuatu yang berlebihan.

Belas Kasihan

Belas Kasihan adalah perasaan simpati yang disertai dengan perasaan sayang yang sangat mendalam. Bahkan bisa saja manusia menangis karena memiliki perasaan belas kasihan yang sangat mendalam.


Berdasarkan penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa manusia, kebudayaan, kasih, cinta dan sayang itu sangat berkaitan seperti manusia memiliki kebudayaan yang disertai dengan perasaan cinta kasih. Namun di beberapa daerah di Indonesia hall tersebut masih dijauh harapan, seperti di Provinsi Papua yang sedang berkecamuk sampai saling membunuh padahal mereka satu negara bahkan satu provinsi. Seandainya saja mereka menerapkan arti dari manusia, kebudayaan dan cinta kasih mungkin tidak akan terjadi hal seperti itu dan Papua akan menjadi negara yang damai dan tentram sehingga rakyatnya pun merasa aman untuk tinggal disana.

 Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

Comments

Popular Posts