PERANAN DAN FUNGSI BAHASA


  • Pengertian Bahasa:
Bahasa adalah salah satu sistem komunikasi yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup, diantaranya adalah manusia yang memiliki bahasanya sendiri di daerah tertentu, lalu ada juga hewan yang berkomunikasi dengan bahasa yang mempunyai ciri khasnya masing-masing.
Bahasa juga tidak hanya berbentuk lisan, namun juga bisa berbentuk isyarat atau gambar.
  • Manfaat Bahasa
Manfaat bahasa itu sangat banyak sekali salah satunya adalah untuk saling berkomunikasi sesama makhluk hidup untuk mencapai kehidupan yang harmonis. Selain bahasa juga bermanfaat sebagai media untuk mendapatkan banyak ilmu.

  • Apakah Bahasa Dapat Merubah Perilaku  Seseorang?
Tentu, bahasa dapat merubah perilaku seseorang tergantung bagaimana dia menggunakan bahasa tersebut. Seperti manusia yang selalu memilih bahasa yang kasar dalam kehidupan sehari-harinya tentu itu akan merubah perilakunya menjadi kasar juga, beda dengan manusia yang memilih bahasa yang sopan dalam kehidupan sehari-harinya, pasti perilaku dia sudah tercermin dalam bahasanya yang sopan.





PENGERTIAN RAGAM DAN LARAS BAHASA


  • Pengertian Ragam Bahasa
Ragam bahasa ada varian dari suatu bahasa menurut pemakaian dimana variasinya adalah dialek, aksen, laras, gaya atau berbagai variasi sosiolinguistik lain termasuk variasi bahasa baku itu sendiri.

  • Pengertian Laras Bahasa
Laras bahasa adalah ragam bahasa yang digunakan untuk suatu tujuan. Definisi dan kategorisasi laras bahasa pun berbeda antara para ahli linguistik. Salah satu model pembagian laras bahasa yang paling terkemuka diajukan oleh Joos (1961) yang membagi lima laras bahasa menurut derajat keformalannya, yaitu beku (frozen), resmi (formal), konsultatif (consultative), santai (casual), dan akrab (intimate).

  • Contoh Ragam dan Laras Bahasa











http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa
http://id.wikipedia.org/wiki/Ragam_bahasa
http://id.wikipedia.org/wiki/Laras_bahasa

Comments

Popular Posts