Action Figure Bukan Hanya Sekedar Mainan

          Action figure atau yang sering kita sebut mainan ternyata mempunyai bukan hanya sekedar mainan yang sering di mainkan oleh anak kecil, namun orang dewasa juga gemar untuk membeli action figure. Ya, contohnya adalah saya, saya mulai gemar membeli action figure mulai dari kelas 2 SMA dan sekarang saya sudah duduk di bangku kuliah semester 6. Saya menyukai action figure berawal dari ayah saya yang suka membeli action figure. Mungkin untuk orang awam action figure hanyalah sekedar mainan untuk anak kecil, namun di mata kolektor action figure, action figure bukanlah hanya sekedar mainan tapi bisa juga menjadi sebuah investasi dimana harga action figure tersebut akan naik beberapa kali lipat seiring dengan waktu dan makin sedikitnya stok yang tersedia. Pada saat ini kolektor action figure pun semakin bertambah jumlahnya, hal itu bisa diketahui dengan jumlah pengunjung yang hadir pada setiap toys fair karena setiap tahunnya jumlah pengunjung toys fair semakin ramai. Tak hanya pembeli action yang semakin bertambah, penjualnya pun semakin tahun juga ikut bertambah.

          Dulu banyak orang yang memandang action figure hanya mainan untuk anak kecil dan sebenarnya action figure itu seperti barang yang bila dijaga dengan baik semakin lama akan naik harganya. Namun bila ingin membeli action figure juga harus berhati-hati dikarenakan tidak semuanya asli karena sekarang sudah banyak beberapa action figure yang palsu atau biasa kita sebut KW. Tentu kualitasnya jauh berbeda yang asli dengan yang palsu sesuai dengan harganya yang pantas. Maka dari itu para kolektor pun banyak yang berburu action figure dengan hati-hati agar tidak tertipu membeli barang yang asli terutama bila membelinya melalui penjual via media sosial atau website. 

          Sudah banyak sekali saat ini komunitas-komunitas pecinta action figure dimana tempat itu digunakan sebagai pencarian action figure yang sudah langka terutama action figure yang sudah tidak diproduksi lagi jadi cara mendapatkannya kebanyakan membeli dari tangan kolektor juga. Komunitas action figure juga sering digunakan sebagai tempat sharing informasi action figure yang baru yang akan dibuat.

          Ada banyak cara untuk mendapatkan action figure, dimulai dari membeli dari toko biasa, toko online, barter dari kolektor lain, bahkan ada yang meng-import langsung action figure dari luar negeri bila stoknya sudah sangat langka di dalam negeri. Harganya pun terbilang relatif, berbeda-beda tergantung penjualnya dan juga yang paling pentng adalah kurs dollar maupun yen. Apalagi dengan naiknya kurs dollar pada saat ini yang membuat harga action figure pun ikut naik.

          Hobi mengoleksi action figure sebenarnya menyenangkan karena disisi lain kita bisa bernostalgia dengan masa kecil, kita juga bisa menabung uang dengan bentuk mainan. Namun ingat juga karena harga action figure yang sekarang tidak bisa dibilang murah, maka dari itu kebutuhan pokok pun jangan dilupakan. Namun bila sudah hobi dan ingin menjadi penghasilan, bisnis ini bisa menjadi alternatif. Tertarik kah kamu beli action figure?

Comments

Popular Posts