Pengalaman Minggu Pertama Bootcamp SAP PT. Xsis Mitra Utama Batch 112

Setelah saya bercerita tentang pengalaman tes masuk Bootcamp SAP PT. Xsis Mitra Utama, kali ini saya bercerita tentang pengalaman minggu pertama saya. Di minggu pertama ini kelas saya hanya ada 4 pertemuan dikarenakan ada 1 hari yang tanggal merah. Oke langsung saja pada hari pertama saya dikumpulkan di ruangan dimana terdapat sekitar 20 lebih peserta yang berisikan peserta Bootcamp SAP dan Bootcamp NET. yang duduknya dicampur. Disana saya diperkenalkan tentang profil perusahaan PT. Xsis Mitra Utama yang tidak lain adalah sebuah anak perusahaan dari Equine Technologies Group, selain itu juga ada perkenalan dari para staff dan juga trainer. Setelah itu para peserta juga memperkenalkan diri dan yang membuat saya kaget ternyata cukup banyak peserta yang berasal dari luar Jabodetabek. Setelah perkenalan selesai kita melakukan foto bersama Bootcamp SAP Batch 112 diikuti dengan masuk ke ruang kelas saya berada di lantai 5. Untungnya ada teman satu kampus saya yang lolos Bootcamp SAP ini sehingga di kelas kami duduk bersebelahan. Pada hari pertama kami para peserta saling berkenalan lagi dimana ada 10 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 2 perempuan, lalu trainer saya pada Bootcamp SAP kali ini bernama Ko Welly. Materi yang diberikan tidak terlalu sulit karena cukup menghafal langkah-langkah nya saja seperti membuat field, data element dan data domain pada suatu table. Saya pun bisa mengikuti nya dengan baik. Pada hari kedua materi yang diberikan adalah untuk menggabungkan beberapa table dan mengambil beberapa field yang dibutuhkan di tabble tersebut untuk ditampilkan. Saya mengalami sedikit kesulitan karena harus meng-coding dimana saya sudah agak lama tidak menyentuh hal yang berkaitan dengan coding. Selain itu juga ada masalah di nama field yang diberikan trainer berbeda dari hari sebelumnya sehingga saya sedikit kebingungan dan agak tertinggal, untung saja saya bisa mengejar tepat waktu. Pada hari ketiga kita diajarkan tentang functional dimana bisa functional tersebut bisa dipanggil di dalam sebuah table. Untungnya pada hari ketiga ini saya tidak mengalami kesulitan sama sekali lalu di jam akhir kami diberikan tugas untuk menampilkan beberapa field di beberapa table dengan menggunakan function yang akan dimasukkan kedalam table tersebut. Dikarenakan waktu yang tidak mencukupi akhirnya tugas itu dikerjakan di rumah untuk kembali diperiksa pada lusa. Saat hari keempat saya mengalami kesulitan di tugas yang diberikan pada hari ketiga, karena saya belum terlalu hafal coding SAP dan hanya tau logika nya jadi saya diberi pertolongan oleh trainer untuk bisa menyelesaikan tugas tersebut. Setelah selesai materi pun berlanjut ke ALV dimana di bagian ini diperlukan untuk menampilkan outputnya dalam berbetuk table agar mudah dipahami. Untuk materi ini saya tidak mengalami kesulitan karena coding nya diberikan oleh trainer. Jadi itu pengalaman minggu pertama saya di Bootcamp SAP PT. Xsis Mitra Utama Batch 112, intinya seru dan menantang bagi saya karena saat coding kita gagal, kita harus memecahkan masalah dan mencari solusinya, begitu juga saat coding kita berhasil rasanya seperti ada kebahagiaan dan kepuasan tersendiri, yang penting jangan sampai ketinggalan dan apabila ketinggalan jangan malu untuk bertanya kepada trainer atau teman sebelahnya, ya bisa dibilang saling membantu juga kepada teman seperjuangan. Selesai sudah pengalaman saya di minggu pertama, saatnya untuk lanjut ke minggu kedua. Semangat!

Comments

Popular Posts