Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Kemiskinan



Pada kali ini saya akan menjelaskan beberapa point tentang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Kemiskinan yang diantaranya adalah :

1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian ilmu pengetahuan
2. Mahasiswa mampu menjejaskan pengertian teknologi
3. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian ilmu pengetahuan,teknologi dan nilai
4. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian kemiskinan
5. Mahasiswa mampu menyebutkan ciri-ciri fenomena teknik pada masyarakat
6. Mahasiswa mampu menyebutkan ciri-ciri manusia yang hidup di bawah garis kemiskinan
7.Mahasiswa mampu menyebutkan fungsi kemiskinan
8.Mahasiswa mampu menyebutkan 4 hal sikap yang ilmiah

  • Pengertian Ilmu Pengetahuan
Ilmu Pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan inderawi. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan indera atau akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya.

  • ·Menjelaskan Pengertian Teknologi
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.Teknologi juga bisa berakibat positif dan juga bisa berakibat negatif tergantung pemakaian dari teknologi tersebut.Seiring berkembangnya jaman, teknologi semakin canggih dan semakin maju namun manusia harus menggunakan secara seefektif mungkin agar tidak berakibat negatif.

  • Pengertian Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Nilai
Pengertian ilmu pengetahuan dan teknologi sudah saya bahas diatas sehingga langsung ke pengertian nilai. Nilai adalah sesuatu kita miliki, bermutu, menunjukkan kualitas, dan juga bisa berguna bagi manusia.
Nilai bagi setiap orang berbeda-beda tergantung cara mereka memandangnya. Misal ada sebagian orang menganggap musik lebih indah daripada seni tari namun ada beberapa orang memandang seni tari lebih indah daripada musik tergantung orang yang memandang tsb.

  • Pengertian Kemiskinan
Kemiskinan berasal dari kata miskin yang artinya keadaan dimana tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok misal seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, kesehatan, dan juga pendidikan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya disebabkan oleh kemalasan di dalam seseorang yang menyebabkan orang tsb untuk malas bekerja lalu bisa juga karena faktor pendidikan yang rendah atau keahlian dari orang tsb yang menyebabkan sulit untk mendapatkan pekerjaan.

  •  Ciri-ciri Fenomena Teknik Pada Masyarakat
Berikut adalah ciri-ciri fenomena teknik pada masyarakat :
  1. Rasionalitas, artinya tindakan spontan.
  2. Artifisialitas, artinya membuat sesuatu yang tidak ilmiah.
  3. Otomatisme, artinya dalam hal metode, organisasi dan rumusan dilaksanakan serba otomatis.
  4. Teknik berkembang pada suatu kebudayaan.
  5. Monisme, artinya semua teknik tertentu, saling berinteraksi dan saling bergantung.
  6. Universalisme, artinya teknik melampaui batas-batas kebudayaan dan ideologi, bahkan bisa juga kebudayaan.
  7. Otonomi, artinya teknik berkembang menurut prinsip-prinsip sendiri.
  • · Ciri-ciri Manusia yang Hidup di Bawah Garis Kemiskinan
Berikut adalah ciri-ciri orang yang hidup dibawah garis kemiskinan :
  1. Mempunyai pendidikan yang rendah.
  2. Penghasilan sangat rendah.
  3. Mempunyai tempat tinggal yang tidak layak.
  4. Keterampilan bekerja terbatas.
  5. Mempunyai harta yang sedikit.
  •  Fungsi Kemiskinan
Berikut adalah fungsi dari kemiskinan :
  1. Fungsi Ekonomi : Penyediaan tenaga untuk pekerjaan tertentu, membuat lapangan kerja baru dan bisa juga memanfaatkan pemulung dalam mengumpulkan barang bekas.
  2. Fungsi Sosial : Menimbulkan rasa simpatik sehingga munculnya badan amal dan zakat untuk menolong kaum miskin yang ada sehingga beban mereka berkurang.
  3. Fungsi Cultural : Sumber inspirasi kebijaksanaan teknokrat, sumber inspirasi sastawan dan memperkaya budaya saling mengayomi antar sesama manusia.
  4. Fungsi Politik : Sebagai kaum yang merasakan kinerja pemerintahan dalam perbaikan ekonomi, dan sebagai kaum yang mengkritik jika perekonomian tidak mengalami perubahan.

  • ·4 Hal Sikap yang Ilmiah
Untuk mencapai suatu pengetahuan yang ilmiah dan obyektif diperlukan sikap yang bersifat ilmiah, yang meliputi empat hal yaitu :
  1. Tidak ada perasaan yang bersifat pamrih sehingga menacapi pengetahuan ilmiah yang obeyktif
  2. Selektif, artinya mengadakan pemilihan terhadap problema yang dihadapi supaya didukung oleh fakta atau gejala, dan mengadakan pemilihan terhadap hipotesis yang ada
  3. Kepercayaan yang layak terhadap kenyataan yang tak dapat diubah maupun terhadap indera dam budi yang digunakan untuk mencapai ilmu
  4. Merasa pasti bahwa setiap pendapat, teori maupun aksioma terdahulu telah mencapai kepastian, namun masih terbuka untuk dibuktikan kembali.

Comments

Popular Posts